Blog

Eduventure Super Camp ( ESC )

Eduventure Super Camp ( ESC )

sebuah upaya mencetak generasi pemimpin berkarakter mulia.

Oleh Tim Eltaps Training & Consulting

Perjalanan bangsa ini dalam menapaki kehidupan yang lebih baik hampir selalu diakhiri dengan masalah kepemimpinan bangsa dalam setiap akhir tahapan proses perjalanan itu. Dari masa kepemimpinan pertama Presiden R.I Soekarno sampai Presiden Abdurrahman Wahid, proses perjalanan bangsa yang didalamnya terjadi pergantian “tongkat estafet” kepemimpinan, berjalan kurang begitu mulus. Isu kepemimpinan di negara ini memang menjadi isu yang besar, betapa tidak, negara Indonesia yang memiliki lebih dari 17.000 pulau, 250 juta penduduk, 500 suku bangsa,  dan sumber daya alam yang melimpah ruah, memang membutuhkan seorang pemimpin yang bisa mempersatukan dan mensinergikan semuanya menjadi suatu kekuatan bangsa yang utuh. Namun ketika mentalitas sebagian besar sumber daya manusianya masih berada pada level kesadaran egoistis, maka kepemimpinan dianggap sebagai jalan untuk memanfaatkan sumber daya itu demi kepuasan hawa nafsu pribadinya. Oleh karena itu untuk menyelematkan bangsa ini dari krisis kepemimpinan di masa mendatang, maka diperlukan suatu generasi baru dengan paradigma yang baru tentang bagaimana seorang pemimpin sejati itu seharusnya.

Potensi generasi muda perlu dipersiapkan sejak dini sebab kelak dipundak mereka arah dan nasib bangsa ini akan ditentukan. Dalam ilmu psikologi, ada suatu tahapan perkembangan manusia yang merupakan suatu masa investasi. Masa itu adalah masa remaja, masa ini berada pada rentang usia 13 – 21 tahun atau mulai jenjang pendidikan SMP sampai mahasiswa. Pada masa ini kognisi seseorang mulai berkembang, karena itu mereka siap ditanamkan segala bentuk pengetahuan. Pada masa ini gejolak emosi seseorang sedang berada pada puncaknya, karena itu mereka akan memiliki gelora dan semangat yang tinggi. Perubahan pada masa perkembangan itu haruslah diarahkan pada hal yang positif, jika tidak kekuatan kognisi dan emosi mereka akan mengarah pada berbagai perilaku kenakalan remaja. Aspek skill kepemimpinan (leadership) dapat menjadi salah satu pilihan skill yang bisa ditanamkan pada diri remaja, sebab secara personal mereka memerlukan kepemimpinan diri yang baik agar bisa membawa perubahan diri ke arah tujuan yang bermakna. Pada masa ini pula mereka sedang memiliki minat sosial (interpersonal) yang tinggi, maka kepemimpinan dalam ruang lingkup sosial bisa memfasilitasi mereka dalam mengaktualisasikan diri dan memberdayakan potensi sosial disekitarnya. Dengan mulai dilatihnya leadership skill sejak remaja, maka diharapkan mereka mampu belajar dari waktu ke waktu seiring perkembangan mereka sehingga kelak dimasa yang akan datang mereka telah memiliki leadership skill yang dimatangkan oleh pengalaman hidupnya.

Leadership skill yang bersifat “biasa” tentunya kurang memberikan suatu nilai lebih karena tidak sedikit orang yang memiliki Leadership skill yang baik, namun menyalahgunakannya demi kepentingan pribadi maupun kelompoknya atau banyak pemimpin yang cerdas namun tidak berakhlak mulia. Bangsa ini memerlukan pemimpin yang luar biasa, membawa perubahan yang lebih baik dan memiliki visi yang berorientasi ”rahmatan lil ‘alamin”. Karena itu konsep dan skill kepemimpinan yang harus mulai ditanamkan pada generasi muda sekarang ini haruslah kepemimpinan yang dilandasi nilai-nilai spiritual dalam konteks yang universal. Contoh nilai spiritual yang universal diantaranya adalah kasih sayang, tanggungjawab, integritas, kemanusiaan, keadilan dan kebenaran. Internalisasi dan penggunaan nilai-nilai spiritual akan menstimulasi aspek hati nurani seseorang. Berfungsinya hati nurani akan memberikan kekuatan pada seseorang untuk mampu mengendalikan diri sehingga menampilkan perilaku yang berakhlak mulia dalam berbagai konteks. Konsep kepemimpinan tersebut disebut dengan Tranformational Spiritual Leadership, yaitu sebuah proses kepemimpinan yang membawa perubahan menuju visi yang kreatif dan memberikan nilai atau manfaat bagi kemaslahatan umat.

Bagaimana usaha mendidik generasi muda agar memiliki Tranformational Spiritual Leadership Skill? Salah satu konsep yang mulai banyak dikembangkan dalam mendidik dan melatih SDM—khususnya dalam aspek leadership—adalah konsep belajar dengan metode pelatihan yang memanfaatkan alam terbuka (outdoor activity dan memanfaatkan beberapa wahana outbond pada sesi tertentu) dan juga aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan (indoor activity). Konsep pendidikan dan pelatihan di alam ini mampu menstimulasi pembinaan fisik-kognitif-emosional-spiritual secara simultan, dan sering disebut dengan pendekatan Adventure (petualangan). Materi yang diberikan meliputi materi spiritualitas secara universal, psikologi praktis, aplikasi, olahraga dan latihan pembiasaan kedisiplinan dalam berbagai ruang lingkup dengan standar 3TBR (Tertib, Teratur, Tepat waktu, Bersih dan Rapi). Konsep ini bisa menjadi solusi untuk mempersiapkan generasi muda yang berjiwa Spiritual Leadership. Konsep leadership ini diharapkan mampu menjadi sarana bagi remaja agar mampu membawa dirinya sukses menjalani tahapan perkembangan remaja, mampu mengoptimalkan potensinya ke arah yang positif serta meminimalisir kemungkinan buruk masalah perkembangan remaja seperti krisis identitas diri dan kurang percaya diri, kemampuan sosialisasi yang rendah, kenakalan remaja, rendahnya dorongan berprestasi, stres dan depresi akibat efek masa perkembangan. Visi jangka panjangnya adalah diharapkan para generasi muda itu akan menjadi generasi pemimpin yang membawa transformasi ke arah visi berorientasikan kreativitas dan spiritualitas—membawa manfaat bagi kemaslahatan umat.

ELTAPS Training & Consulting, menghadirkan Eduventure SuperCamp (basic leadership for teenagers) Yaitu sebuah program pengembangan karakter kepemimpinan anak-remaja yang dikemas di alam terbuka (berkemah) dalam suasana yang fun (menyenangkan), Challenge (menantang), dan safety first (mengutamakan keamanan).

Penuh dengan kegiatan seru sekaligus mendidik, Eduventure SuperCamp akan membekali generasi muda tidak hanya dengan materi-materi leadership,  juga Life Skills lainnya yang akan membantunya sukses baik di rumah, di sekolah, maupun pergaulan sehari-hari.

Program Eduventure SuperCamp khusus untuk anak Anda yang didesain agar anak merasakan suasana camp yang berbeda, menyenangkan dengan aktifitas serta permainan kreatif yang akan mengasah kemampuan leadership, meningkatkan kreativitas, kepekaan untuk bersosialisasi serta pembiasaan-pembiasaan kegiatan harian dalam bingkai 3TBR (tertib, teratur, tepat waktu, bersih, dan rapih).

Info lebih lengkap mengenai program ini, silahkan menghubungi tim eltaps training & consulting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *